Jangan Bingung Melihat Satuan HP, PS, DK, KW, BHP dll


Pada postingan sebelumnya, sudah dipaparkan bagaimana cara mencari daya dan torsi motor.  Nah, pada postingan kali ini, saya berikan satuan-satuan yang biasa dipake pada daya dan torsi. Postingan ini berangkat dari pengamatan saya selama membimbing kerja praktek ataupun menguji sidang tugas akhir yang rupanya tidak sedikit teman-teman mahasiswa masih bingung dengan beragamnya satuan-satuan daya dan torsi, demikian pula gimana mengkonversinya. Perlu saya ingatkan disini, bagi Anda yang melakukan perhitungan pada persamaan/formula yang ditemukan dalam problem-problem kerekayasaan khususnya dalam bidang  teknik mesin, penting bagi Anda memasukkan setiap satuan-satuan yang ada, kemudian sederhanakan (pencoretan bila shahih). Hal ini untuk membuktikan bahwa satuan yang Anda turunkan itu sesuai atau tidak dengan satuan dari variabel yang dicari..

Awalnya satuan pengukuran tenaga adalah HP alias horse power. Namun seiring perkembangan zaman muncul juga satuan-satuan yang lain seperti PS (Pferdestarke= Bahasa Jerman), PK (Paarden Kracht=Bahasa Belanda), KW (Kilo Watt) & DK (Daya Kuda). Satuan PS & PK banyak digunakan di negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sedangkan satuan HP banyak dipake di negara seperti Amrik, Inggris dsb. Kalo DK alias Daya Kuda udah pasti Indonesia.

Satuan2 yang saya sebut di atas semuanya adalah benar alias gak ada yang salah. Tiap2 negara punya metode sendiri dalam pengukuran tenaga. Nah hasilnya seperti ini :

  • 1 HP = 0,745 KW
  • 1 KW = 1,34 HP
  • 1 PS / PK = 0,98 HP
  • 1 PS / PK = 0,74 KW
  • 1 KW = 1,36 PS
  • 1 HP = 1,01 PS

Nah khusus untuk satuan PS/PK berbeda dikit dengan HP. Banyak yang salah kaprah menyebut satuan PS/PK itu sama dengan HP.

Selanjutnya ada juga satuan yang bertuliskan BHP alias brake horse power. BHP ini pengukurannya berbeda dengan satuan2 HP, PS, KW. Dimana perbedaannya ??? kalo HP, PS, KW itu mengukurnya di putaran roda sedangkan BHP diukur pada mesin ato kruk as. Dengan BHP kita akan mengetahui tenaga murni sebuah mesin tanpa loss power karena kerugian gesekan ban, girboks transmisi dsb.

Selain tenaga mesin, ada juga torsi mesin. Satuan2 torsi yang lazim kita temui yaitu Nm, Kgf.m & lbf.ft.

  • 1 Nm = 0,74 lbf.ft
  • 1 Nm = 0,1 Kgf.m
  • 1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
  • 1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft

Oleh: Taufiqur Rokhman, ST

About these ads

13 comments on “Jangan Bingung Melihat Satuan HP, PS, DK, KW, BHP dll

  1. PA TAUFIK. JIKA SAYA PUNYA CONVEYOR DENGAN BERAT 1 TON DAN KEMIRINGAN VAN BELT SUDUT 45DERAJAT KECEPATAN VANBET SEKITAR 1 METER/10 DETIK CARA MAMELIH DAYA MOTORNYA BAGAIMANA YA DAN CONTOH MENGHITUNGNYA? . MOTOR YANG AKAN DIGUNAKAN ADALAH MOTOR 3 PHASA

  2. mas mau tanya 1,5032 HP (horse power) itu brapa watt ya ?…
    trus cara konversinya gmn ? maaf ya mas banyak tanya ?

  3. Pingback: Download Prosiding Harga Satuan Bahan Bangunan 2013 | Terbaru 2015

  4. Pingback: Download Jurnal Harga Satuan Bahan Bangunan 2013 | Terbaru 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s